Skip to content

Mode Hibernasi di Mac OS X

February 7, 2009

Oleh : Adi Luhung Suryadi

( dimuat di majalah Macworld Indonesia bulan Agustus 2008 )

Apabila anda adalah orang yang super sibuk dan sering berpindah tempat dengan menggunakan mac portable, mungkin pernah ada suatu saat anda sedikit kesal karena menunggu mac anda memasuki mode sleep. Anda memang perlu menunggu hingga lampu indikator sleep untuk berkedip terlebih dahulu, tanda bahwa mac anda sudah aman untuk dibawa bepergian. Proses sleep ini akan cepat apabila sedikit aplikasi yang anda buka, namun apabila banyak program yang anda buka sekaligus, porses sleep akan cukup memakan waktu anda.

Secara teori, keadaan sleep adalah keadaan dimana mac anda mematikan seluruh fungsi-nya dan hanya memberikan tegangan pada RAM untuk mempertahankan memory state(data) didalamnya. Data tersebut kemudian akan langsung dipakai kembali saat anda membangunkan mac portable anda kembali.

Secara default, mac anda menyimpan juga salinan dari memory state terakhir pada hard disk. Proses inilah yang memerlukan beberapa saat dari waktu anda. Memory sate disimpan pada file /var/vm/sleepimage dan ukurannya sebesar total RAM anda(Mis 2GB apabila RAM anda 2GB). Hal ini untuk berjaga-jaga apabila setelah mac anda kehabisan daya(baterai) sama sekali, dan kemudian ketika anda menemukan steker listrik dan menghidupkan mac anda kembali, mac anda akan menyalin data memory state dari file di hard disk tersebut ke RAM, prosesnya akan mirip dengan proses bangun dari Hibernasi pada Windows.

Anda memotong waktu yang diperlukan untuk memasuki mode sleep dangan mengubah pengaturan sleep agar tidak perlu menyimpan memory state pada hardisk. caranya
ketik di terminal :

sudo pmset -a hibernatemode 0

Sekarang, seberat apapun mac anda membuka berbagai aplikasi, proses sleep tidak akan memakan waktu lebih dari 1 detik.

Efek samping dari mode hibernasi ini adalah apabila anda kehabisan baterai sama sekali, anda tidak dapat kembali ke keadaan dimana anda tinggalkan sebelumnya. Hal ini dikarenakan mac tidak menyalin memory state pada hardisk. Walaupun begitu, cara ini cukup aman. Anda cukup hanya harus memastikan batrai anda tidak benar-benar habis saat anda bepergian.

Selain mode diatas, anda dapat pula mengubah mode sleep menjadi seperti hibernate di windows, dimana mac anda akan benar-benar mati. Anda dapat mengetikan :

sudo pmset -a hibernatemode 1

Mode ini berguna apabila anda akan berpergian cukup lama dan tidak ingin kehilangan daya baterai hanya karena digunakan untuk mode sleep. Tidak ada daya yang digunakan pada mode sleep seperti ini, karena mac anda memang benar-benar mati, dan memory state akan disalin dari hardisk saat anda membangunkan mac anda dengan menekan tombol power.

Untuk mengembalikan seperti keadaan semula anda dapat mengetikan :

sudo pmset -a hibernatemode 3

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: